Visi
Mengacu pada visi, misi dan tujuan pendidikan Universitas Gadjah Mada, visi Program Studi Manajemen Informasi dan Perpustakaanadalah menjadi lembaga pendidikan tinggi penghasil lulusan andal, berkualitas dan berbudaya di bidang Manajemen Informasi dan Perpustakaan, mengutamakan kepentingan masyarakat, penghasil temuan-temuan melalui penelitian dalam bidang perpustakaan guna menunjang dan melayani kepentingan masyarakat serta memiliki reputasi internasional.
Misi
Visi ini dijabarkan dalam misi yang diemban Program studiManajemen Informasi dan Perpustakaan yang mencakup:
- Menyelenggarakan pendidikan tinggiManajemen Informasi dan Perpustakaan;
- Melakukan penelitian bidang Manajemen Informasi dan Perpustakaanuntuk kesejahteraan manusia;
- Melakukan pengabdian kepada masyarakat;
- Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait di bidang Manajemen Informasi dan Perpustakaan.
Tujuan
Tujuan penyelenggaraan pendidikan Minat Manajemen Informasi dan Perpustakaan adalah menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagai berikut :
- Mampu menjadi pemimpin yang terampil melakukan Manajemen informasi sesuai kebutuhan sehingga mendukung kinerja organisasi sesuai norma-norma etika, hukum, sosial, politik dan teknis dalam masyarakat modern
- Mampu menjadi pemimpin yang sanggup menyusun kebijakan, pengembangan, aplikasi dan promosi layanan informasi dalam organisasi dan masyarakat.
- Mampu melakukan penelitian dibidang Manajemen informasi sehingga dapat memberi sumbangan pada pengembangan ilmu pengetahuan bidang informasi dan bidang yang lain.
- Mampu menjadi pemimpin, kontributor dan agen perubahan di perpustakaan, arsip, lembaga warisan budaya, dan lembaga informasi lainnya dengan konsep era informasi.
- Mampu mempromosikan pendekatan yang berpusat pada pengguna untuk mengembangkan sistem perpustakaan/kearsipan yang menanamkan nilai-nilai, etika, dan prinsip-prinsip yang sesuai untuk kebutuhan masyarakat umum yang sadar informasi.
- Memahami teori dan praktek penciptaan informasi, komunikasi, identifikasi, seleksi, akuisisi, organisasi, penyimpanan dan pengambilan, pelestarian, analisis, interpretasi, evaluasi, sintesis, penyebaran, dan Manajemen sehingga mereka dapat menerapkannya ke pengembangan institusi.
- Memahami peran dan nilai penelitian, pengajaran, dan layanan yang dilakukan di dalam dan di luar bidang studi perpustakaan/kearsipan dan dapat memberi sumbangan pada pengembangan ilmu pengetahuan bidang bidang yang lain.
Komentar Terbaru